Kombinasi

Sebagai salah satu kaidah pencacahan, kombinasi r unsur yang diambil dari n unsur yang ada adalah pengelompokan yang terdiri dari r unsur yang diambil dari n unsur tanpa memperhatikan fungsi dan urutan dari setiap unsurnya.

Harus diingat, bahwa dalam kombinasi ini TIDAK MEMPERHATIKAN FUNGSI dan URUTAN dari SETIAP UNSURNYA, dan konsep kombinasi inilah yang membedakannya dengan konsep PERMUTASI (materi permutasi ntar aze ye :)


Sebagai gambaran, misalnya ada susunan huruf: "SWF", "SFW", "WSF", "WFS", "FSW", dan "FWS". Dalam kombinasi, semua susunan huruf-huruf itu dianggap sebagai 1 susunan huruf (urutan tidak diperhatikan), bukan 6 susunan huruf yang berbeda.

Tapi nanti... dalam permutasi, semua susunan itu merupakan 6 susunan huruf yang berbeda (walaupun hurufnya itu-itu saja, tapi posisi atau urutannya berbeda, jadi dianggap 6 susunan huruf yang berbeda)

Untuk memahami soal-soal yang berhubungan dengan materi dan konsep kombinasi ini, kita harus jeli membaca soal (kasus) dan memanfaatkan logika (karena biasanya dalam kaidah perkalian, kombinasi dan permutasi tidak sekedar menghitung belaka)

Jika konsep ini dipahami betul-betul… mungkin dalam mempelajari/menentukan peluang yang menggunakan kombinasi dan permutasi ini akan lebih mudah.

Semoga animasi dan simulasi singkat berikut bisa memperjelas apa itu kombinasi, bagaimana rumus kombinasi, cara memahami variasi soal kombinasi, dan bagaimana menyelesaikan soal-soal kombinasi ini.




Copyright: Pustekkom 2003 | Link download ada disini | More info: Pengantar kaidah perkalian, disini

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Blogger Templates